Sabtu, 07 September 2013

Tips and Trik Lolos Tes Tertulis STAN


Halo semua camaba STAN! ^o^. Kali ini saya akan membantu kalian untuk melewatti tes pertama untuk menjadi mahasiswa stan yaitu tes tertulis. Ok kencangkan sabuk pengaman and here we go!!!

Seperti kalian saya juga melewati masa-masa tes tertulis, saya mengikuti tes tertulis di gedung I atau yang sering dikenal gedung kembar yang ada di sebelah kanan kiri lingkaran STAN seperti pada gambar di atas bertempat di Bintaro sektor lima. Saya lolos tes STAN tahun 2013. Menurut saya kunci untuk lolos dalam ujian STAN adalah tenang, dan berdoa. Untuk persiapan saya hanya mempelajari buku yang saya beli di gramedia kalo bisa ngumpulin duit sendiri jangan minta orang tua trus pas bayar di kasir sambil doa biar lulus stan haha. Saya hanya bermodalkan buku itu, meskipun tidak ada yang keluar dari buku itu setidaknya saya ada gambaran. Jujur saya termasuk angkatan yang beruntung sekaligus sial, bagaikan dua sisi mata uang haha. Beruntung karena saya termasuk angkatan baru, karena tahun lalu  tes STAN tidak di buka tapi pada tahun angkatan saya departemen keuangan butuh banyak pegawai sehingga kuota stan diperbanyak. Sialnya saingan jadi nambah -_-, angkatan tahun lalu yang gabisa ikut karena tes nya ga buka, trus udah les dari luar kota, ikut lagi tahun ini dengan energi dan semangat berlipat-lipat. Sial yang kedua tes STAN tahun saya jauh lebih sulit dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan denger-denger kakaknya udah buat soal untuk 2 tahun kedepan dan soal tahun 2013 yang paling sulit.

Tes dimulai jam 8 tapi waktu saya dateng jam  7.15 udah rame dan itu macet banget didepan. Kalo bisa dianter aja naik motor atau naik ojek, ribet kalo naik kendaraan sendiri harus parkir-parkir lagi dan harus jalan ke lokasi tes lagi. Salut buat  yang lolos tes tertulis yang di gor stan, soalnya temen saya ada yang tes disitu katanya pegel banget dan harus bawa papan jalan. Duduknya di bangku penonton kayak di stadion gada meja, papan jalan harus di paha. Mudah-mudahan ga dapet di sana ya! Kalo ga ada papan jalan ga bisa ujian makanya buat jaga-jaga bawa aja. Tapi untuk yang tes di dalam ruangan di atas meja hanya boleh ada pencil, rautan, sama penghapus. Tempat pensil, jam, hp di taruh tas. Trus yang paling nyesek gaboleh pake pensil mekanik, dan saya waktu itu hanya ada pensil mekanik. Sia-sia padahal itu pensil andalan tapi ga bisa di pake T_T. Tapi tenang bagi yang ga bawa nantinya akan di pinjamkan oleh pengawas yang masih menjadi mahasiswa stan, triknya raut bolak balik pensilnya biar ga buang-buang waktu untuk meraut saat ujian berlangsung nantinya.

 BPU dan KTP harus di bawa, oia satu lagi data yang di bawa harus sama seperti waktu pendaftaran misalnya dari cerita anak-anak yang tes di luar STAN ijazahnya diperiksa dan ada yang nama di BPU berbeda dengan nama di ijazahnya itu bisa menjadi masalah fatal, nantinya dia akan disuruh menemui panitia dan tidak ada waktu tambahan. Yang saya dengar, dia kehilangan waktu 45menit sebelum akhirnya kembali mengikuti ujian. Manajemen waktu juga sangat penting, bila waktu mengerjakan tpa sudah habis kita harus segera membalik soal ke bahasa inggris dan jangan harap bisa kembali ke soal tpa karena soal bahasa inggris ada garis biru di atasnya dan mudah di ketahui bagi yang kembali ke soal tpa dan langsung di minta keluar ruangan bila beruntung kita akan di beri teguran dahulu tapi sebaiknya jangan bermain api, main air aja haha. Perlu diingat meski penilaian +3 bagi jawaban benar, 0 untuk tidak diisi dan -1 bagi yang salah, tapi yang terpenting adalah nilai mati yaitu harus benar 1/3 dari jumlah soal. Yang paling aman adalah mengerjakan 2x1/3jumlah soal. Namun bila yakin boleh kok mengisi semua, tapi menurut saya tidak untuk tpa karena tidak mungkin bisa kecuali mau buster alias jawab a semua :D.

Terakhir, yang paling penting adalah istirahat yang cukup. Bila esok hari adalah hari tes usahakan tidur siang dan tidur cepat di malam harinya. Harus sarapan, trus kalo bisa makan coklat saat di perjalanan, tapi jangan banyak-banyak juga -_-, bukan seger malah ngantuk ntar. Karena yang akan kita hadapi adalah tes tpa, kurang tidur menurut survei dapat mengurangi kecerdasan. Ini fakta bukan mitos tanya aja Dr.OZ kalo ga percaya hehe. Berdoa, percaya diri, tenang kalo tegang ruangannya pasti terasa makin dingin soalnya. Ok selamat berjuang \(^0^)/

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wkwkwk.. aku selalu bermslah dengan time management..
    Misalkan waktu tes itu 2 jam, pasti 30 menit kupake buat baca (semua) soal, 20 menit mandangin papan tulis, 45 tidur ketiduran, dan sisanya.. baru ngerjain. (jangan dicontoh) wkwkwk..

    BalasHapus
  3. wkwk, bila lulus dengan cara seperti itu pasti iq nya di >150 haha

    BalasHapus